Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Stop Impor Beras Akhir Maret

Kompas.com - 31/03/2011, 18:29 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com — Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian Zaenal Bachruddin menyatakan, Indonesa telah menghentikan impor beras pada akhir Maret tahun ini.

"Impor dihentikan karena memang perizinannya hanya sampai akhir Maret 2011," kata Zaenal, seusai mengisi sarasehan pertanian di Desa Paremono, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (31/3/2011).

Di samping itu, kata Zaenal, alasan impor beras dihentikan karena pada bulan ini telah memasuki masa panen. "Ini karena sudah masuk panen raya sehingga bisa melindungi hasil panen petani lokal dan diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan mereka," ungkap Zaenal.

Pihaknya mengaku telah mengirim instruksi kepada Kementerian Perdagangan terkait penghentian impor beras tersebut. Lebih lanjut, Zaenal mengatakan, bencana alam yang terjadi di beberapa tempat tidak signifikan berpengaruh pada produksi pertanian nasional.

"Produksi padi secara nasional mencapai sekitar 70 juta ton per tahun," katanya.

Namun, pihaknya tetap akan mengawal produksi bidang pertanian demi mencapai target swasembada beras lima tahun ke depan sebanyak 10 juta ton. Di antaranya dengan tetap melakukan rehabilitasi lahan pertanian yang rusak, seperti di Magelang, bekerja sama dengan BNPB. Peningkatan produksi pertanian bisa melalui berbagai bentuk program, seperti bantuan benih unggul, pupuk, sarpras, penanganan pascapanen, hingga perluasan lahan padi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com